bahaya!!! makanan pedas bagi ibu hamil

makanan pedas bagi ibu hamil

Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil – Makanan pedas memang memiliki cita rasanya tersendiri. Namun ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dengan rasa tersebut karena akan membawa efek buruk bagi diri sendiri dan janin dalam kandungan. memang jenis makanan satu ini memiliki dampak positif bagi tubuh. seperti meningkatkan mood, selera makan, hingga baik untuk mengatasi sariawan, dsb. Namun bagi ibu hamil, makanan pedas mampu memberikan dampak buruk bagi kesehatannya serta janin yang ada di dalam kandungan.
Reaksi tubuh ketika mengonsumsi makanan pedas biasanya terjadi di area lambung. Terutama bagian asam lambung yang akan terpacu naik sehingga menyebabkan beberapa kondisi tertentu. Misalnya heartburn, refluks asam, kontraksi, sampai morning sickness yang semakin parah. Mungkin di luar kehamilan makanan pedas tidak membawa dampak negatif. Namun bagi ibu hamil perlu kiranya mengurangi bahkan menghindari makanan pedas karena bahaya yang ditimbulkannya sangat beragam. Seperti yang akan diulas berikut ini.

makanan pedas  bagi ibu hamil

Berbagai Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil

1. Heartburn

Makanan pedas mampu menyebabkan ibu hamil mengalami heartburn. Heartburn merupakan kondisi dimana dada akan terasa sesak setelah makan. Makanan pedas mampu memicu asam lambung naik lebih besar. asam lambung yang naik ini akan menyebabkan rasa panas pada bagian dada dan area pernafasan menjadi terganggu karena faktor naiknya asam lambung.

2. Morning sickness

Pada trimester awal sebaiknya hindari makanan pedas karena bisa memperparah gejala morning sickness. Zat yang ada pada makanan pedas bisa memicu asam lambung menjadi meninggi sehingga rasa mual pun tak tertahankan. Hal ini menyebabkan gejala morning sickness menjadi semakin parah. Pilih makanan yang tidak menyebabkan naiknya asam lambung untuk mengatasi morning sickness.

3. Diare

Kondisi pencernaan ibu hamil lebih sensitif. Maka dari itu ibu hamil mesti selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsinya. Termasuk dengan tidak mengonsumsi makanan pedas karena akan memperburuk kondisi pencernaan anda. organ pencernaan menjadi tidak maksimal dalam proses pencernaan makanan. Bahkan diare yang parah bisa memicu kontraksi dan menyebabka keguguran.

baca ini yok ibu ibu:

4. Refluks asam

Refluks asam merupakan kondisi dimana terjadi kerusakan pada area kerongkongan. Makanan yang seharusnya ada di lambung justru masih bertahan di area kerongkongan. Hal ini menyebabkan asupan nutrisi menjadi terganggu dan anda akan merasakan rasa tidak nyaman pasca mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya kurangi kadar pedasnya demi kesehatan anda dan janin di dalam kandungan.

5. Kontraksi

Makanan pedas mampu menciptakan kontraksi karena adanya pelepasan hormon prostaglandin yang lebih meningkat. hal ini akan membuat otot menginduksi rahim sehingga munculah efek kontraksi. Jika terjadi pada kehamilan akhir tentu tidak terlalu berdampak buruk. Namun kontraksi pada kehamilan trimester awal akan berbahaya bagi anda dan janin dalam kandungan.
Itu dia beberapa bahaya makanan pedas yang mesti anda waspadai bagi ibu hamil. Gantilah jenis makanan dengan lainnya yang lebih sehat atau kurangi kadar pedas makanan tersebut. semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*