Berbagai Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Berbagai Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Berbagai Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat – Seperti halnya tanda kehamilan awal, tanda akan melahirkan pun bisa anda dapati secara jelas. proses persalinan memang memerlukan persiapan yang matang. Jangan sampai karena ketidaktahuan anda terhadap tanda-tanda penting ini menyebabkan terlambatnya penanganan. Terlebih jika posisi anda jauh dari rumah sakit maupun bidan. Oleh sebab itu bagi siapapun termasuk suami dan anggota keluarga wajib tahu apa saja tanda ibu hamil yang akan melahirkan dalam waktu dekat. Tanda-tanda tersebut sangat mudah dikenali.

Posisi bayi yang sedang mencari jalan lahir akan meninggalkan berbagai tanda khas. Misalnya nyeri di area punggung, sakit pada bagian alat reproduksi, hingga perut yang terasa nyeri dan kaku. Sebelum proses air ketuban pecah, tanda-tanda tersebut akan muncul. Oleh sebab itu anda mesti lebih peka terlebih jika usia kehamilan sudah mendekati trimester akhir. Nah, bagi yang penasaran apa saja tanda wanita akan melahirkan dalam waktu dekat, berikut ini ulasan lengkapnya.

Berbagai Tanda Akan Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Berbagai Tanda Akan Melahirkan

  1. Sakit punggung

Punggung akan mulai terasa nyeri secara berulang dalam waktu beberapa hari. biasanya nyeri punggung ini akan diikuti dengan pecahnya air ketuban secara tiba-tiba. Jika anda mengalami rasa sakit punggung pada bulan-bulan mendekati persalinan, segera bawa diri ke rumah sakit atau tempat persalinan terdekat karena tanda tersebut menjadi sinyal kuat janin mesti segera dilahirkan.

  1. Sakit pada vagina

Mulut rahim sudah mulai terbuka sendirinya ketika kehamilan sudah dalam usia 9 bulan. Otot-otot disekitar leher rahim akan mengalami tekanan karena kepala bayi sudah mulai menurun. Hal ini menyebabkan vagina terasa nyeri. rasa nyeri tersebut terjadi berulang kali dan dibarengi dengan kontraksi. Jika hal tersebut terjadi, persalinan hendaknya segera dilakukan.

  1. Perut keras dan kaku

Pada trimester akhir, ibu hamil akan mengalami rasa keras dan kaku pada area perut sehingga tidak membuatnya nyaman ketika duduk dan tidur. hal ini disebabkan adanya pergerakan kepala janin menuju mulut rahim. Hal ini juga akan menyebabkan rasa kaku pada perut. Rasa keras dan kaku ini biasanya juga menjadi tanda awal dari kontraksi dan hendaknya ibu hamil mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

  1. Buang air terus menerus

Keinginan buang air terus menerus terjadi karena pada saat trimester akhir janin sudah aktif melakukan dorongan dan pergerakan yang membuat terjadinya tekanan ke arah perut bagian bawah. Hal ini membuat ibu hamil tidak bisa menahan buang air kecil. Rasa ingin buang air terus menerus ini juga bisa dibarengi dengan kontraksi. Hal ini menandakan bahwa janin mesti segera dilahirkan.

  1. Keluar air ketuban

Keluarnya cairan ketuban dalam jumlah banyak biasanya terjadi sewaktu-waktu ketika trimester akhir. Jika air ketuban sudah pecah maka janin mesti segera dilahirkan. Jika proses penanganannya terlalu lama maka akan menyebabkan ketuban kering dan janin mengalami kematian karena keracunan air ketubannya sendiri. Maka dari itu ketika trimester akhir, sebaiknya keluarga dan pasangan sudah dalam kondisi siaga agar penanganannya lebih maksimal.

Demikian berbagai tanda akan melahirkan dalam waktu dekat. Kenali tanda-tandanya untuk mengantisipasi berbagai hal yang tak diinginkan. Semoga bermanfaat.

baca juga : bahaya makanan pedas bagi ibu hamil

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*