cara menurunkan tekanan darah selama kehamilan

tips untuk mengobati darah tinggi selama kehamilan

Cara Menurunkan Tekanan Darah Selama Kehamilan – Hipertensi memang sangat berbahaya bagi semua orang. Terutama ibu hamil yang notabene memiliki kondisi fisik dan pertahanan tubuh yang lebih lemah. Ibu hamil dengan riwayat tekanan darah tinggi memang memerlukan penanganan khusus. Bagi yang divonis menderita tekanan darah tinggi terlebih selama kehamilan, anda memerlukan beberapa cara tersendiri untuk menurunkan tekanan darah tersebut. cara paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung kalium.

Kalium merupakan salah satu senyawa alami yang mampu menurunkan kadar natrium dalam darah. Natrium yang berlebih ini akan mempercepat laju sirkulasi darah dan menyebabkan penyempitan pada pembuluhnya. Oleh sebab itu anda wajib memilih jenis makanan yang kaya kalium serta menghindari makanan-makanan yang mengandung natrium. Selain makanan, anda juga mesti rajin olahraga hingga peduli akan waktu istirahat selama hamil. Berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai tips menurunkan tekanan darah selama hamil.

tips untuk menurunkan tekanan darah selama kehamilan

Tips Menurunkan Tekanan Darah Selama kehamilan

  1. Hindari kafein

Kurangi asupan kafein selama kehamilan demi menstabilkan denyut jantung anda. selain itu kafein akan menyebabkan peningkatan tekanan darah dan memperparah kondisi hipertensi. Menghindari konsumsi kafein sangat baik untuk menstabilkan denyut jantung dan sirkulasi darah mengalir ke seluruh tubuh lebih teratur. Hindari mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya selama hamil. ini sangat penting untuk menurunkan tekanan darah selama kehamilan

baca juga : berbagai tanda akan melahirkan

  1. menurunkan tekanan darah selama kehamilan dengan Istirahat cukup

Hipertensi juga bisa terjadi karena kelelahan. Saat mengandung, ibu hamil akan mengalami dimana kondisi tenaganya lebih terkuras. Tekanan darah bisa stabil kembali jika ibu hamil beristirahat secara cukup. Istirahat yang cukup juga mampu mengontrol sistem metabolisme tubuh sehingga proses pengaliran nutrisi hingga imunitas tubuh menjadi lebih baik.

  1. Olahraga

Olahraga mampu menstabilkan tekanan darah. Pasalnya aktivitas fisik tersebut mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga diharapkan sirkulasi darah juga akan membaik seperti biasa. Pilih olahraga yang tidak memberatkan fisik ibu hamil. Misalnya senam khusus ibu hamil, jalan pagi, hingga yoga. Lakukan olahraga secara cukup dan teratur.

baca juga; bahaya mie instan untuk ibu hamil

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan kalium

Kalium bisa meredakan kelebihan natrium di dalam tubuh. Kelebihan asupan natrium akan menyebabkan naiknya tekanan darah. Kalium bisa anda dapatkan pada pisang dan kacang-kacangan. Kurangi asupan natrium yang biasanya ada pada makanan asin. Konsumsi pisang dan kacang-kacangan secara teratur agar tekanan darah kembali stabil selama mengandung.

  1. Rajin konsultasi ke dokter

Ibu hamil dengan riwayat tekanan darah tinggi memang memerlukan penanganan khusus. Oleh sebab itu rajin berkonsultasi ke dokter kandungan adalah hal yang wajib dilakukan. patuhi apa yang dilarang hingga yang disarankan oleh dokter. Selain itu, jangan lupa rajin mengonsumsi obat-obatan serta vitamin dari resep yang diberikan dokter kandungan anda.

Itu dia beberapa cara mudah menurunkan tekanan darah selama kehamilan. diharapkan kehamilan anda akan sehat sampai persalinan. Semoga bermanfaat

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*